Game VR untuk Kemajuan Bidang Kesehatan

Sebagai salah satu bidang paling fleksibel dalam kehidupan, teknologi kerap diintegrasikan dengan bidang-bidang lainnya. Salah satu yang paling umum adalah bidang kesehatan. Kedua bidang tesebut menjadi fokus roadmap penelitian pada Program Studi S1 Informatika ITSK Soepraoen. Visi ke depannya, mahasiswa dan lulusan Informatika Soepraoen mampu berinovasi dalam bidang teknologi kesehatan, baik dari segi pengobatan maupun segi sosialisasi kesehatan kepada masyarakat.

Untuk membuka wawasan mahasiswa mengenai peran bidang teknologi dalam bidang kesehatan, Prodi S1 Informatika kembali menggelar kuliah tamu. Kegiatan ini diselenggarakan pada hari Senin, 17 Februari 2025 di Aula Kampus 2 ITSK Soepraoen. Kuliah tamu bertajuk ‘Peran Teknologi Game dan VR pada Riset Teknologi Bidang Kesehatan’ ini dihadiri oleh mahasiswa dari Gen 2, Gen 3, Gen 4, dan Gen 5. Narasumber pada kuliah tamu kali ini adalah Ibu Lailatul Husniah, S.S.T., M.T. dengan bidang minat game cerdas dari Program Studi S1 Informatika Universitas Muhammadiyah Malang.

Pada kegiatan ini, mahasiswa berkesempatan melihat demonstrasi penggunaan game dalam bidang kesehatan. Salah satu contohnya adalah game untuk memperkenalkan proses pengeliminasian sel-sel kanker oleh sel darah putih. Dengan desain grafis yang menarik, game tersebut dapat menyampaikan ilmu dengan cara yang menarik dan mudah dipahami oleh masyarakat awam.

Kuliah tamu ini juga diintegrasikan dengan mata kuliah Algoritma dan Struktur Data, AR/VR, dan Alat Kesehatan yang diajarkan di Prodi S1 Informatika. Harapannya, dengan adanya kuliah tamu ini, mahasiswa mampu menemukan ide riset berbasis teknologi game dan VR serta bisa memunculkan inovasi baru dalam integrasi bidang teknologi dan bidang kesehatan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *