Raih Sertifikasi Internasional dari IBM dan Red Hat Dengan Mengikuti Studi Independen

Satu lagi kabar gembira datang dari mahasiswa Program Studi S1 Informatika. Kali ini, mahasiswa semester 5 atas nama Dio Wahyu Saputra unjuk kemampuannya dalam Studi Independen skema Advanced AI di Infinite Learning Batam. Dari program ini, Dio berhasil meraih 8 sertifikasi kompetensi internasional yang didapatkan setelah menyelesaikan berbagai learning management system (LMS). Kompetensi yang diraih Dio antara lain:

Dari International Business Machines (IBM) Corporation:

  1. Getting Started with Threat Intelligence and Hunting
  2. Security Operations Center in Practice
  3. Enterprise Security in Practice
  4. Python for Data Science
  5. Getting Started with Enterprise-Grade AI
  6. Building Trustworthy AI Enterprise Solutions
  7. Building AI Solutions Using Advance Algorithms and Open-Source Frameworks

Dari Red Hat:

  1. Red Hat Certified System Administrator (RHCSA)

Untuk mendapatkan sertifikat ini, Dio perlu mengikuti serangkaian panjang bootcamp selama satu minggu secara luring di Jogjakarta. Acara yang diselenggarakan mulai tanggal 4 Desember 2023 ini diikuti oleh 500 orang yang diseleksi dari total 1100 mahasiswa peserta studi independen. Pada acara ini, peserta bootcamp diminta untuk mempelajari ulang seluruh materi yang telah diberikan pada saat pelaksanaan studi independen dan mengerjjakan latihan soal selama satu minggu. Setelahnya, peserta melaksanakan simulasi ujian (mock exam) sebanyak tiga kali sebelum mengikuti ujian penentuan. Dalam pelaksanaan kedua kegiatan ini, para peserta diawasi langsung oleh petinggi Red Hat dan peserta hanya diperbolehkan menggunakan laptop yang telah disediakan oleh penyelenggara. Agar bisa mendapatkan sertifikat, peserta diharuskan melampaui Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 210 poin.

“Seru sekali kegiatannya. Saya dapat teman baru yang bisa diajak merasakan manis pahitnya perjuangan selama studi independen, terus bisa merasakan sertifikasi yang diawasi langsung oleh orang pusat. Yang paling berkesan buat saya adalah berhasil dapat sertifikat RHCSA itu,” papar Dio ketika ditanya bagaimana kesan selama mengikuti studi independen ini. “Pesan saya, teman-teman dan adik-adik tingkat harus berani mencoba untuk cari pengalaman seperti ini, karena banyak sekali manfaatnya. Juga, harus bisa melawan rasa takut dan tahan mental supaya tidak down saat ujian.”

Sertifikat ini menjadi bukti bahwa Dio memiliki keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk menjadi seorang sistem administrator dan ahli kecerdasan buatan yang profesional. Selain itu, sertifikat tersebut dapat membantu Dio dalam berkarir.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *