Prodi S1 Informatika ITSK Soepraoen Siap Songsong Akreditasi Internasional

Program Studi S1 Informatika ITSK Soepraoen, yang sejak April 2024 dinyatakan terakreditasi Baik Sekali oleh LAM INFOKOM, kini bersiap melangkah menuju akreditasi berstandar internasional. Dalam rangka persiapan mencapai tujuan ini, Prodi S1 Informatika mengirim dua delegasi dari pihak dosen dalam kegiatan “Seminar Nasional & Workshop Menuju Program Studi Berstandar Internasional Melalui Kurikulum OBE: Bimbingan Teknis Menghadapi Akreditasi Internasional IABEE Bidang Computing/Infokom”. Bimbingan teknis yang dibesut oleh APTIKOM, Universitas Brawijaya, FILKOM UB, Astragraphia, dan IABEE ini diselenggarakan pada hari Senin, 20 Mei 2024 hingga Selasa, 21 Mei 2024 di Auditorium Algoritma, Gedung G Lantai 1 FILKOM UB.

Acara dibuka dengan welcoming speech dari Prof. Ir. Wayan Firdaus Mahmudy, S.Si., M.T., Ph.D. selaku Dekan FILKOM UB, dan dilanjutkan dengan sambutan visioner dari Prof. Widodo, S.Si., Ph.D.Med.Sc. selaku Rektor Universitas Brawijaya. Pada kesempatan ini, Ketua Umum APTIKOM, Prof. Dr.rer.nat. Achmad Benny Mutiara, S.Si, M.Kom yang berperan sebagai keynote speaker 1 juga turut menyampaikan materi dengan tema “Menuju Program Studi Berstandar Internasional Melalui IABEE”. Indonesian Accreditation Board for Engineering Education (IABEE) sendiri adalah lembaga akreditasi internasional yang dikelola APTIKOM untuk menaungi akreditasi program studi di bidang engineering maupun computing. Setelahnya, materi dilanjutkan oleh Bapak Bagus Trihanto Nugroho, S.Kom., keynote speaker 2 yang merupakan koordinator konsultan area Malang untuk PT Astra Graphia Tbk Surabaya Branch dengan tema “Digital Transformastion Services For Supporting Outcome-Based Education Curriculum in University”.

Selain itu, ada pula materi “Konsep dan Implementasi Kurikulum OBE”, “Orientasi Kompetensi Lulusan”, “Implementasi Pembelajaran”, “Asesmen Capaian Pembelajaran”, serta “Peningkatan Mutu Berkelanjutan” yang disampaikan oleh Bapak Prihandoko, S.Kom., MIT, Ph.D di sisa hari pertama dan kedua. Tidak hanya materi, para peserta pun diberikan tugas berupa membuat dan melengkapi dokumen akreditasi berupa borang supplementary dan borang LED (Laporan Evaluasi Diri). Dalam pengerjaannya, peserta dipandu oleh fasilitator yang termasuk dalam anggota APTIKOM.

Dengan kegiatan bimbingan teknis ini, Prodi S1 Informatika mendapatkan banyak sekali insight untuk menghadapi akreditasi, terlebih yang bertaraf internasional. Harapannya, dalam lima tahun ke depan, Prodi Informatika mampu meraih akreditasi internasional dan semakin terjamin mutu pendidikan dan lulusannya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *