Mengabdi Kepada Masyarakat, Prodi S1 Informatika Selenggarakan Pelatihan AI

Dalam rangka menjalankan pengabdian kepada masyarakat sebagai salah satu unsur tri dharma perguruan tinggi dan memperkuat jalinan kerja sama dengan sekolah mitra, Program Studi S1 Informatika ITSK Soepraoen melaksanakan pelatihan mengenai penggunaan artificial intelligence (AI) kepada guru dan siswa SMK Tunas Bangsa Malang. Kegiatan ini diselenggarakan pada hari Kamis, 4 April 2024 di Laboratorium Komputer Kampus 2 ITSK Soepraoen. Pelatihan ini dihadiri oleh 15 orang guru, 6 mahasiswa pendamping dari Program Kampus Mengajar yang ditempatkan di SMK Tunas Bangsa, serta 24 orang mahasiswa dari berbagai jurusan, di antaranya jurusan Teknik Jaringan Komputer (TKJ) dan Teknik Kendaraan Ringan (TKR).

Materi Pelatihan Keterampilan Optimasi AI dalam Pembuatan Modul Ajar oleh Bapak Mochammad Anshori, M.Kom.

Pukul 08.30 WIB, rombongan dari SMK Tunas Bangsa tiba di lokasi pelatihan dan langsung diarahkan menuju laboratorium komputer. Rangkaian kegiatan dibuka dengan sharing promotion oleh Bapak Mokhtar Jamil, M.Kep selaku Kepala Biro Kerja Sama dengan tujuan memperkenalkan profil ITSK Soepraoen terutama di Prodi S1 Informatika yang bidang keilmuannya cenderung linier dengan siswa jurusan TKJ. Selanjutnya, peserta dari kalangan guru diminta untuk bergeser ke Laboratorium Riset sementara para siswa diajak berkeliling untuk menelisik lebih jauh tentang sarana dan prasarana yang terdapat pada Kampus 2 ITSK Soepraoen. Setelah itu, siswa kembali ke laboratorium dan acara inti pelatihan pun dimulai.

Materi Social Media Optmization oleh Bapak Ahsanun Naseh Khudori, M.Kom.

Pada peserta guru, materi diberikan oleh Bapak Mochammad Anshori, M.Kom dengan tema ‘Pelatihan Keterampilan Optimasi AI dalam Pembuatan Modul Ajar’. Pembuatan modul ajar acapkali menghabiskan banyak waktu dan tenaga karena ada banyak sekali poin yang harus dipertimbangkan, sehingga proses administrasi tersebut memakan banyak waktu. Dengan bantuan AI, diharapkan para guru dapat membuat modul ajar dalam waktu yang relatif lebih singkat dan lebih kreatif.

Materi Generated Image and Caption Using AI Tools oleh Ibu Risqy Siwi Pradini, S.S.T., M.Kom

Sementara itu, peserta siswa mendapatkan dua pelatihan. Materi pertama adalah “Social Media Optimization” yang dibawakan oleh Bapak Ahsanun Naseh Khudori, M.Kom. Siswa diajarkan bagaimana cara membuat unggahan yang akan dilihat banyak orang dan mampu meningkatkan engagement dengan para pengguna lain di media sosial tersebut. Materi kedua adalah “Generated Image and Caption Using AI Tools” yang disampaikan oleh Ibu Risqy Siwi Pradini, S.S.T., M.Kom. Siswa diajarkan membuat logo usaha menggunakan tools Maze.Guru dan Freepik, yang nantinya bisa dijadikan logo untuk produk yang akan mereka pasarkan. Siswa juga diajarkan cara meng-generate caption yang menarik untuk unggahan di sosial media.

Materi ditutup dengan post-test di Quizziz. Siswa yang menduduki peringkat tiga tertinggi mendapatkan doorprize dari pemateri, begitu pula dengan peserta lain yang aktif selama jalannya kegiatan. Setelahnya, pelatihan ditutup dengan penyerahan cenderamata berupa merchandise resmi ITSK Soepraoen oleh Bapak M. Syauqi Haris, M.Kom selaku Kaprodi S1 Informatika kepada Ibu Endah Sriwahyuni, S.Pd selaku Kepala Sekolah SMK Tunas Bangsa Malang. Sementara itu, SMK Tunas Bangsa juga menyerahkan cenderamata berupa vandel kepada Prodi S1 Informatika ITSK Soepraoen sebagai simbol kerja sama yang kuat dan bersahabat. Ada juga presensi diakhir kegiatan yang berisi saran tema pelatihan berikutnya, dengan harapan kegiatan ini dapat berlanjut ke depannya dengan tema yang berbeda dan lebih bermanfaat sesuai dengan kebutuhan guru dan siswa SMK Tunas Bangsa.

Meski sempat terjadi kendala berupa mati listrik dan beberapa peserta yang kesulitan dalam login e-mail, secara keseluruhan, kegiatan berjalan dengan lancar. Para peserta juga cenderung antusias dalam mengikuti rangkaian acara. Harapannya, dengan pelatihan ini, guru dan siswa SMK Tunas Bangsa bisa mendapatkan ilmu baru dan dapat memanfaatkan AI untuk tujuan yang baik. Selain itu, dengan kunjungan langsung ke ITSK Soepraoen, diharapkan siswa SMK Tunas Bangsa terinspirasi untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *